Recent Posts

SELAMAT DATANG DI BLOG AGUNG WIDODO SI PUTRA AMBON

Monday, November 4, 2013

LAPORAN PEMBUATAN LARUTAN

LAPORAN PRAKTIKUM
KIMIA DASAR II
(PEMBUATAN LARUTAN)


  




Oleh:
AGUNG WIDODO
A1M012080







KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UNIVERSITAS JENDERAL SOEDIRMAN
FAKULTAS PERTANIAN
PURWOKERTO
2013

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang
Hampir semua proses kimia berlangsung dalam larutan sehingga penting untukmemahami sifat-sifatnya. Larutan adalah sesuatu yang penting bagi manusia Dan makhluk hidup pada umumnya. Reaksi-reaksikimia biasanya berlangsung antara dua campuran zat, bukannya antara zat murni. Banyak reaksi kimia yang dikenal , baik di dalam laboratorium atau di industri terjadi di dalam larutan.
            Larutan memainkan peran penting dalam kehidupan sehari-hari. Di alam kebanyakan reaksi berlangsung di dalam larutan air. Tubuh manusia menyerap mineral, vitamin dan makanan dalam bentuk larutan. Larutan biasanya terdiri dari dua zat atau lebih yang merupakan campuran homogen. Larutan disebut campuran homogen karena komposisi dari larutan begitu seragam atau satu fasehingga tidak dapat diamati bagian - bagian komponen penyusunnya meskipun dengan menggunakan mikroskop ultra sekalipun. Larutan terdiri dari dua komponen penting. Komponen tersebut adalah solven atau pelarut dan solut atau zat terlarut. Biasanya komponen solven mengandung jumlah zat terbanyak. Dan komponen solut mengandung jumlah zat yang lebih sedikit.
      Konsentrasi adalah kuantitas relatif suatu zat tertentu di dalam larutan. Konsentrasi merupakan salah satu faktor penting yang menentukan cepat atau lambatnya reaksi berlangsung. Konsentrasi larutan menyatakan banyaknya zat terlarut yang terdapat dalam suatu pelarut atau larutan. Larutan yang mengandung sebagian besar solut relatif terhadap pelarut, berarti larutan tersebut konsentrasinya tinggi atau pekat. Sebaliknya bila mengandung sejumlah kecil solut, maka konsentrasinya rendah atau encer. Pada umumnya larutan mempunyai beberapa sifat. Diantaranya sifat larutan non elektrolit dan larutan elektrolit.
1.2  Tujuan
·         Mampu membuat larutan dengan berbgai konsentrasi
·         Mampu membuat larutan dengan pengenceran berbagai konsentrasi
BAB II
TINJAUAN PUSTAKA

Larutan didefinisikan sebagai campuran homogen antara dua atau lebih zat yang terdispersi baik sebagai molekul, atom maupun ion yang komposisinya dapat berpariasi. Larutan dapat berupa gas, cairan, atau padatan. Larutan encer adalah larutan yang mengandung sebagian kecil solute, relative terhadap jumlah pelarut. Sedangkan larutan pekat adalah larutan yang mengandung sebagian besar solute. Solute adalah zat terlarut. Sedangkan solvent (pelarut) adalah medium dalam mana solute terlarut (Baroroh, 2004).
Pada umumnya zat yang digunakan sebagai pelarut adalah air (H2O), selain air yang berfungsi sebagai pelarut adalah alcohol, amoniak, kloroform, benzena, minyak, asam asetat, akan tetapi kalau menggunakan air biasanya tidak disebutkan (Gunawan, 2004).
Larutan gas dibuat dengan mencampurkan  suatu gas dengan gas lainnya. Karena semua gas bercampur dalam semua perbandingan, maka setiap campuran gas adalah homogen ia merupakan larutan.
Larutan cairan dibuat dengan melarutkan gas, cairan atau padatan dalam suatu cairan. Jika sebagian cairan adlah air, maka larutan disebut larutan berair.
Larutan padatan adalah padatan-padatan dalam mana satu komponen terdistribusi tak beraturan pada atom atau molekul dari komponen lainnya (Syukri, 1999).
Suatu larutan dengan jumlah maksimum zat terlarutpadatemperatur tertentu disebut larutan jenuh. Sebelum mencapai titik jenuh larutan tidak jenuh.
Kadang-kadang dijumpai suatu keadaan dengan  zat terlarut dalam larutan lebih banyak daripada zat terlarut yang seharusnya dapat melarut pada temperature tersebut. Larutan yang demikian disebut larutan lewat jenuh.
Banyaknya zat terlarut yang dapat menghasilkan larutan jenuh, daalam jumlah tertentu pelarut pada temperatur konstan disebut kelarutan. Kelarutan suatu zat bergantung pada sifat zat itu, molekul pelarut,  temperature dan tekanan. Meskipun larutan dapat mengandung banyak komponen, tetapi pada tinjauan ini hanya dibahas larutan yang mengandung dua komponen. Yaitu larutan biner. Komponen dari larutan biner yaitu pelarut dan zat terlarut.
Contoh larutan biner
Zat terlarut
Pelarut
Contoh
Gas
Gas
Udara, semua campuran gas
Gas
Cair
Karbondioksida dalam air
Gas
Padat
Hydrogen dalam platina
Cair
Cair
Alcohol dalam air
Cair
Padat
Raksa dalam tembaga
Padat
Padat
Perak dalam platina
Padat
Cair
Garam dalam air

Faktor-faktor yang mempengaruhi kelarutan yaitu temperatur, sifat pelarut, efek ion sejenis, efek ion berlainan, pH, hidrolisis, pengaruh kompleks dan lain-lain (Khopkar, 2003).
Pembuatan larutan banyak aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Salah satunya ketika kita ingin membuat teh manis. Kita menambahkan gula ke dalam air dan kemudian tambahkan teh serta mengaduknya. Ternyata air teh tersebut masih terasa manis, kmudian kita menambahkan lagi air ke dalamnya. Sehingga air teh yang tadinya kental atau pekat dan manis sekali menjadi lebih encer dan rasa manisnya sedang. Itu semua adalah kegiatan dalam pembuatan larutan. Mencampurkan air, teh dan gula merupakan contoh pembuatan larutan dan campuran itu disebut larutan sedangkan penambahan air ke dalam air teh yang manis dinamakan pengenceran. Dan kekentalan atau kepekatannya disebut konsentrasi atau Molaritas. Jadi, larutan adalah suatu system homogen yang terdiri dari molekul atom ataupun ion dari dua zat atau lebih. Larutan akan terjadi jika atom, molekul atau dari suatu zat semuanya terdispersi. Larutan terdiri atas zat yang dilarutkan (zat terlarut) yang disebut solute dan pelarut yang dinamakan solvent. Solvent atau pelarut merupakan senyawa dalam jumlah yang lebih besar sedangkan senyawa dalam jumlah yang lebih sedikit disebut solute atau zat terlarut (Baroroh,2004). Larutan yang saling melarutkan adalah campuran dua larutan polar atau dua larutan non polar yang membentuk larutan satu fase homogen. Larutan yang tidak melarutkan adalah campuran dari dua zat cair polar dan non polar membentuk dua fase. ( Stephen,2002)
Sifat dari suatu larutan ditentukan oleh jenis dan jumlah partikel zat terlarut dalam larutan. Sebagai contoh, rasa asin dari larutan garam bertambah seiring bertambahnya jumlah partikel garam yang larut. Demikian pula rasa manis dari larutan gula akan bertambah seiring bertambahnya jumlah partikel  gula yang larut.
            Namun demikian, ada bebeapa sifat larutan yang hanya bergantung pada jumlah partikel zat terlarut. Ke dalam dua wadah yang masing-masing berisi 1 L air ditambahkan gula ke wadah yang satu dan garam ke wadah lainnya jumlah partikel yang sama. Hasil pengukuran dari masing-masing larutan menunjukan bahwa kedua larutan tersebut ternyata memiliki nilai penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, dan penurunan titik beku yang sama relatif terhadap pelarut air. Pengukuran dengan osmometer menunjukkan bahwa kedua larutan garam dan gula tersebut juga mempunyai tekanan osmosis yang sama.
            Sifat larutan yaitu penurunan teknan uap (▲P), kenaikan titik didih (▲Pb), penurunan titik beku (▲Tf), dan tekanan osmotik (π) yaang hanya bergantung pada jumlah partikel zat terlrutnya dikelompokan bersama dan disebut sebagai fifat koligatif larutan. Sifat koligatif larutan adalah sifat larutan yang bergantung pada jumlah partikel zat terlarut dan bukan pada jenis zat terlarutnya.
            Sifat koligatif larutan adalah sifat larutan yang bergantung pada jjumlah partikel zat terlarut dan bukan pada jenis zat terlarutnya. Sifat koligatif larutan dibedakan untuk larutan elektrolit dan larutan non-elektrolit. Hal ini  dikarenakan kemampuan elektrolit untuk terionisasi/terdisosiasi membentuk ion-ion di dalam larutan, menyebabkan jumlah partikel zat terlarutnya menjadi lebih besar.
            Kemolaran atau Molaritas adalah banyaknya jumlah mol zat terlarut dalam tiap liter larutan. Atau konsentrasi suatu larutan yang mengukur banyaknya mol zat terlarut dalam tiap liter larutan. Kemolaran alatu Molaritas lambangnya M. Molaritas dapat dirumuskan sebagai berikut :
M=  n
       V
Keterangan : M= kemolaran (mol/L)
                       n= mol zat (mol)
                      V= volume yang ditempati zat (L)
Pengenceran suatu larutan adalah suatu penambahan zat pelarut ke dalam suatu larutan sehingga konsentrasi larutan menjadi lebih kecil dengan menambahkan air (pelarut). Persamaan rumusnya adalah sebagai berikut :
                              M1.V1 = M2. V2
(Johari, 2011)







BAB III
METODE PRAKTIKUM
3.1  Bahan dan Alat
3.1.1        Bahan:
·         NaCl 0,1M (garam dapur)
·         C6H12O6  0,2 M (glukosa)
·         C 11H22 O11 0,02M  (sukrosa)
3.1.2        Alat :
-          Gelas kimia Labu volumetric              -Pipet volume
-          Gelas ukur                                           - Kaca arloji
-          Batang pengaduk                                - Neraca analitik
-          Corong kaca
3.2  Prosedur kerja
1.      Pembuatan larutan dengan berbagai konsentrasi
Massa ketiga kristal tersebut dihitung terlebih dahulu melalui data yang ada
Massa kristal ditimbang dengan neraca analitik sercara tepat
Masa kristal hasil penimbangan dimasukan ke dalam gelas kimia 100ml dan ditambah dengan 50ml kemudian diaduk dengan pengaduk hingga larut
Larutan tersebut dimasukan ke dalam volumetric 100ml dan ditambah dengan air hingga batas akhir 100ml

Semua langkah tersebut dillakukan pada 3 bahan diatas

2.      Pembuatan larutan dengan pengenceran berbagai konsentrasi
Larutan dari percobaan 1 diambil 10ml menggunakan popet volume 10ml dan dimasukan ke dalam labu volumetric 100ml
Ditambah air sampai tepat garis batas 100ml
Dihitung konsentrasi setelah pengenceran
Semua langkah tersebut dilakukan pada 3 bahan di atas


















BAB IV
HASIL DAN PEMBAHASAN

4.1  Hasil Pengamatan
4.1.1 Pembuatan Larutan
no
Sampel
keterangan
Perhitungan
Gambar
1
NaCL 0,1M
Sebelum membuat larutan maka dihitung dahulu berat bahan

M= n
      V
0,1= n  
       0,05
n= 0,05
gr= n x Mr
gr= 0,005 x
      58,44
gr= 0,2922grm
2
Glukosa 0,2 M
Sebelum membuat larutan maka dihitung dahulu berat bahan

M= n
      V
0,2= n  
       0,05
n= 0,01
gr= n x Mr
gr= 0,01 x
      180
gr= 1,8 gram
3
Sukrosa 0,02 M
Sebelum membuat larutan maka dihitung dahulu berat bahan

M= n
      V
0,02=  n  
         0,05
n= 0,001
gr= n x Mr
gr= 0,001 x 330
gr= 0.33 gram
4.1.2 Pengenceran Larutan
no
sampel
keterangan
Perhitungan
Gambar
1
NaCl
Setelah melkukan pengenceran, dihitung molar perhitungan
V1= 10ml
M1= 0,1ml
V2= 100ml
V1.M1=V2.M2
10.0,1=100.M2
M2= 10.0,01
            100
      = 0,01M

2
glukosa
Setelah melkukan pengenceran, dihitung molar perhitungan
V1= 10ml
M1= 0,2ml
V2= 100ml
V1.M1=V2.M2
10.0,2=100.M2
M2= 10.0,2
            100
      = 0,02M
3
sukrosa
Setelah melkukan pengenceran, dihitung molar perhitungan
V1= 10ml
M1= 0,02ml
V2= 100ml
V1.M1=V2.M2
10.0,02=100.M2
M2= 10.0,02
            100
      = 0,002M



4.2 Pembahasan
Berdasarkan pada hasil percobaan dan data pada tabel hasil percobaan di atas dapat diuraikan bahwa dalam membuat suatu larutan yang paling utama adalah jumlah zatnya (mol). Karena dengan diketahui jumlah zatnya kita dapat menentukan berapa massa yang dibutuhkan untuk membuat larutan NaCl 0,1 M, C 6 H 12 O6 0,2 M dan C11H22O11 0,02 M, yang paling utama dalam membuat larutan adalah mengetahui berapa gram zat yang digunakan. Dalam pembuatan larutan ini tiap-tiap bahan akan diberi perlakuan pembuatan larutan murni, pembuatan larutan dengan pengenceran dan dengan pencampuran. Sesuai dengan hasil pengamatan diatas, dapa di ketahui massa garam 0,299 gram, massa glukosa 1,8 gram dan masa sukrosa 0,33 gram.  
Pelarut dalam pembuatn 100ml NaCl 0,1 M, C 6 H 12 O6 0,2 M dan C11H22O11 0,02 M yang digunakan adalah air sedangkan ketiga zat tersebut zat terlarut. Dalam pembuatan ketiga larutan tersebut semua bahan terlarut dalam air. Setelah penambahan air atau pelarut di dalam labu volumetric dan adanya pengocokan maka campuran itu sudah dinamakan larutan.
Perlakuan selanjutnya adalah mengencerkan larutan yang telah dibuat tadi. Proses pengencerannya hanya mengambil sampel dari 100 ml larutan dari masing-masing bahan tersebut 10 ml kemudian ditambahkan 90 ml air untuk mengencerkannya. Sehingga terjadi perubahan volume dan perubahan konsentrasi.
Dari semua hasil perhitungan ternyata konsentrasi dari ketiga larutan tersebut ketika diencerkan konsentrasinya menjadi lebih rendah atau kecil dari konsentrasi mula-mula atau mengalami penurunan konsentrasi sehingga larutannya lebih encer dari semula. Bisa dilihat larutan garam dapur mulanya berkonsentrasi 0,1 M kemudian setelah pengenceran konsentrasinya menjadi 0,01 M, begitu pula larutan glukosa mulanya konsentrasi sebesar 0,2 M setelah ditambahkan 90 ml air konsentrasinya turun menjadi 0,02 M dan pada larutan sukrosa atau gula pasir juga demikian awalnya berkonsentrasi 0,02 M setelah diencerkan konsentrasinya berubah menjadi 0,002 M. dan untuk volumenya, mulanya volume ketiga larutan yang diambil untuk proses pengenceran hanya sebesar 10 ml/larutan dan setelah penambahan 90 ml air volumenya menjadi 100 ml. sedangkan untuk jumlah zatnya (mol) tetap. Hal itu bias dilihat saja dari rumus pengenceran, adalah
M1.V1 =  M2. V2. Dimana M.V adalah rumus banyaknya jumlah zat (mol), sehingga mol awal = mol akhir. Oleh karena itu, percobaan pembuatan larutan dengan pengenceran hasil yang didapat adalah sesuai dengan teori yang mendasari,yakni bahwa mengencerkan larutan yaitu memperkecil konsentrasi larutan dengan jalan menambahkan sejumlah tertentu pelarut. Pengenceran menyebabkan volume dan kemolaran larutan berubah, tetapi jumlah zat terlarut tidak berubah.






BAB V
PENUTUP

5.1  Kesimpulan
·         Setelah melakukan praktikum pebuatan larutan, kita dapat membuat larutan dengan benar. Pelarut dalam pembuatn 100ml NaCl 0,1 M, C 6 H 12 O6 0,2 M dan C11H22O11 0,02 M yang digunakan adalah air sedangkan ketiga zat tersebut zat terlarut. Dalam pembuatan ketiga larutan tersebut semua bahan terlarut dalam air. Setelah penambahan air atau pelarut di dalam labu volumetric dan adanya pengocokan maka campuran itu sudah dinamakan larutan.
·          Setelah membuat larutan kemudiaan larutan tersebut diencerkan. konsentrasi dari ketiga larutan tersebut (garam, glukosadan sukrosa)  ketika diencerkan konsentrasinya menjadi lebih rendah atau kecil dari konsentrasi mula-mula atau mengalami penurunan konsentrasi sehingga larutannya lebih encer dari semula.
5.2  Saran
Dalam melakukan praktikum pembuatan larutan harus dilakukan dengan sungguh-sungguh dan teliti. Karena, apabila praktikan tidak teliti atau salah dalam menghitug massa tiap sampel maka akan mempengaruhi pada proses pembuatan larutan dan pengenceran. Maka dari itu, dalam praktikum harus hati-hati dan teliti.







DAFTAR PUSTAKA

Achmad, Hiskia. 2001. Kimia Larutan. Citra Aditya Bakti : Bandung
Baroroh, Umi L.U. 2004. Diktat Kimia Dasar 1. Universitas Lambung Mangkurat:Banjar Baru
Gunawan, Adi dan Roeswati. 2004. Tangkas Kimia. Kartika : Surabaya
John dan Rachmawati. 2011. Chemistry 3A. PT. Penerbit Erlangga: jakarta
Khopkar, S.M. 1990. Konsep Dasar Kimia Analitik. Universitasn Indonesia : Jakarta
Syukri, S. 1999. Kimia Dasar 2. Bandung: ITB







0 komentar:

Post a Comment